Program
Agar komputer dapat melakukan tindakan tertentu, maka
komputer harus diberikan sebuah instruksi yang berbentuk kumpulan
perintah-perintah dasar. Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang
dikenal oleh komputer yang disusun secara urut dengan logis untuk dapat
menyelesaikan suatu masalah.
Pemrograman dan Bahasa Pemrograman
Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan
langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa
pemrograman. Yang dimaksud dengan bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat
digunakan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar mengenai penulisan program.
Bahasa pemrograman memiliki beberapa tingkatan, diantaranya
- Bahasa pemrograman tingkat dasar, seperti Bahasa Mesin, Bahasa Assembly
- Bahasa pemrograman tingkat tengah, seperti Bahasa C, Bahasa FORTH
- dan Bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Bahasa PASCAL, FORTRAN, COBOL.
Bahasa pemrograman tingkat dasar umumnya sulit untuk
dipelajari, karena sifatnya yang sangat tergantung pada mesinnya itu (machine
dependent). Untuk menguasai bahasa ini, harus dipelajari dan dikuasai
teknologi dan arsitektur komputer, matematika diskrit, elektronika, dan
lain-lain. Bahasa ini masih menggunakan simbol-simbol yang bersifat mnemonic
(simbol yang mudah untuk diingat).
Bahasa pemrograman tingkat tengah, sifatnya sudah
lebih mudah daripada bahasa pemrograman tingkat dasar, perintah-perintahnya
sudah lebih mudah dibaca sebab sudah menggunakan huruf-huruf.
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa
komputer yang sudah mirip dengan bahasa manusia. Perintah-perintahnya sudah
dibuat dalam bahasa yang mudah dimengerti manusia, seperti PRINT, WRITE, IF,
THEN, ELSE, dan lain-lain.
Tahapan dalam Pemrograman
Langkah-langkah
yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah dalam pemrograman dengan komputer
adalah
- Definisikan masalah
a. Tentukan
apa yang menjadi masalah
b. Tentukan
data input yang diperlukan
c. Tentukan
output apa yang diinginkan
2. Buat bagan dan struktur cara penyelesaian
a. Bagan secara
global
b.
Deskripsikan tugas masing-masing subprogram
3. Pilih
Metode Penyelesaian
a. Pilih
struktur data dan Algoritma terbaik
4.
Pengkodean
a. Pilih
bahasa pemrograman yang sesuai
b.
Menterjemahkan algoritma ke bahasa pemrograman
5. Mencari
Kesalahan
a. Kesalahan
sintaks (penulisan program)
b. Kesalahan
Pelaksanaan: Semantik, Logika, dan ketelitian
6. Uji dan
Verifikasi Program
7.
Dokumentasi Program
8.
Pemiliharaan Program
a.
Memperbaiki kekurangan yang ditemukan kemudian
b.
Memodifikasi, karena perubahan spesifikasi.
Data
Data adalah sekumpulan bahan mentah yang kemudian diolah untuk menjadi sebuah
informasi yang berguna bagi yang membutuhkan informasi tersebut.
Model Komputasi
Ada tiga
model dasar komputasional, yaitu fungsional, logika, dan imperatif.
Masing-masing model komputasional mempunyai satu set operasi yang digunakan
untuk menggambarkan komputasi.
a. Model Fungsional : terdiri dari
satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi.
Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi
sebagai hasil. Suatu program adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu
komputasi adalah aplikasi fungsi.
b. Model Logika : terdiri dari satu
set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari
definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti(suatu urutan
kesimpulan).
c. Model Imperatif : terdiri dari
satu set nilai-nilai yang mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk
memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari
konstanta dan variabel. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi
terdiri dari urutan pernyataan.
Prinsip Bahasa Pemrograman
- Prinsip Kelengkapan Komputasional
Model komputasional untuk tujuan umum suatu bahasa
pemrograman harus universal.
- Prinsip Implementasi
Implementasi harus efisien dalam penggunaan waktu dan
ruangnya. Prinsip memrogram harus ditulis dalam suatu bahasa yang mencerminkan
daerah masalah.
Sintaks, Semantik dan Pragmatik
Bahasa pemrograman memiliki 3 konsep penting, yakni sintaks, semantik dan
pragmatik.
- Sintaks adalah aturan gramatikal atau komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lainnya. Sintaks ini berhubungan dengan struktur bahasa.
- Semantik adalah sebuah bahasa yang menggambarkan hubungan antara sintaks dan model komputasi. Singkat kata, semantik ini menjelaskan arti dari program.
- Pragmatik berhubungan kemudahan implementasi dan efisiensi. Ini berhubungan dengan peng-kodingan dalam suatu bahasa pemrograman.
0 komentar:
Posting Komentar